SUSUNAN REDAKSI

Suwardi, S.P.: Pelindung

Drs. H. Ma’shum Ade: Penanggung Jawab

Drs. Koesno: Liputan Editorial

Suhadianto, M.Psi: Profil Suroboyoan

H. Sugijono, S.Pd: Three in One Sastra Budaya

Dra. Mutiah: Islam Kontemporer Opini

Dra. Hj. Tutut Werdiningsih: Gaya dan Pesona IPTEK

Yunita Nurul Amini, S.Psi: Psikologi Problem Motivasi Belajar

Sri Indah Winarti: Dari Aku Untuk Kamu English Corner

M. Zaenal A: Desain / Layout Sirkulasi

Eva Nur Fadillah, SE: Bendahara

MAJALAH INAYAH EDISI 8 2010

Senin, 08 Maret 2010

Bpk.H.Kasir Usman, S.Ag Seorang Guru yang Handal di Bidang Agama


Nama : H. Kasir Usman, S.Ag
T T L : Surabaya, 26 Mei 1952
Alamat : Jl. Kendung Gang I No.22 Benowo, Surabaya
Warna Favorit : Hijau dan Putih
Mafa & Mifa : Rawon & Air Putih

Hay tement-tement Inayah .... Tau gak ma guru kita yang satu ini .... yang selalu berpakaian rapi dan berwibawa. Tau gak knapa beliau kita muat di profil Inayah kali ini ....? karena beliau merupakan salah satu guru senior di sekolahan kita, yaitu SMP Ta’miriyah Surabaya.

Pasti tement-tement masih penasaran ma Pak Katsir khan .... ?????
Pak Kasir dilahirkan di Surabaya pada tanggal 02 Mei 1952, tepatnya setelah 7 tahun Negara Qt merdeka, pasti ketika itu Surabaya belum segemerlap sekarang yaw tement-tement. Hemm pasti semua pada penasaran, capa wanita dibalik guru yang memiliki gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam dari Universitas Sunan Giri (UNSURI) ini. Istri beliau nich namanya Marfuatun, menurut beliau Ibu Marfuatun ini sangat sabar dan sangat rajin dalam beribadah loh, sampe-sampe beliau memberi acungan jempol buat istri tercintanya tersebut.

Pak Kasir memiliki empat orang anak, anak pertama beliau bernama Achmad Mashuri, yang kedua diberi nama Farida Laily, yang ketiga diberi nama Misbahul Munir, dan yang paling bungsu diberi nama Achmad Mashuri ... Wah bagus-bagus yaw namanya, semua diambil dari bahasa Arab.

Tentang pendidikan pak Kasir
Tement-tement Inayah, guru kita yang telah memiliki tiga cucu (Ayu, Aski & Irsa) ini semasa SD beliau belajar di Sekolah Rakyat atau SR Babat Jerawat. Namanya saja SR pasti tidak sebagus sekolah kita, makanya kita harus bersyukur tement-tement bisa sekolah di sekolah yang bagus, setuju khan???. Setelah itu beliau melanjutkan di SMP PGA (Pendidikan Guru Agama) selama 4 tahun. Merasa belum cukup mendalami ilmu agama beliau-pun melanjutkan ke SMA PGA selama 6 tahun, dan kemudian disempurnakan di UNSURI Surabaya ..... Pantes saja beliau sangat menguasai agama. Apalagi denger-denger katanya beliau juga pernah menimbah ilmu di Pesantren lho ....

Ehm ... tement-tement pingin tau tentang pengalaman kerja beliau, masih penasaran yaw ... ???
Tement-tement pastinya belum tau khan kalau pak Kasir punya banyak sekali pengalaman kerja, sebelum akhirnya mengajar di SMP Ta’miriyah Surabaya. Tement-tement tau gak, pak Kasir tu dulu pernah kerja di Lembaga Pendidikan Ma’arif, itu lho tement-tement lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan NU. Beliau juga pernah mengajar di SMA 10 Nopember. Baru tahun 1982 beliau bekerja di SMP Ta’miriyah Surabaya. Tau gak tement-tement, pada saat itu beliau bekerja sebagai tenaga Tata Usaha di SMA, kemudian pada tahun 1986 – 1993 beliau dipindah tugaskan menjadi tenaga TU di SMP, dan mulai tahun 1994 – sekarang beliau mengajar sebagai guru mata pelajaran Al-Qur’an di SMP Ta’miriyah. Hebat ya tement-tement. Memang beliau khan sangat menguasai bidang agama, jadi sudah sepatutnya beliau menjadi guru agama. Betul khan tement-tement ???? So pasti donk.

Pingin tau keseharian yang pak Katsir ney ... ????
Setelah pulang mengajar di SMP Ta’miriyah, Pak Katsir biasanya mengajar privat mengaji, setelah itu beliau mengikuti kegiatan yang ada di masyarakat, mulai dari memimpin kegiatan yasin & tahlil sampe mengisi ceramah atau pengajian. Wah ... jadi pingin ... bisa mimpin tahlil & ceramah negh ...

Motto Pak Kasir
Pak Kasir memiliki Motto MAJU TERUS PANTANG MUNDUR DAN SELAMAT DUNIA AKHIRAT. Motto ini yang membuat pak Kasir bisa berangkat haji sampe tiga kali, hebat ya tement-tement. Berbekal Motto tersebut pak Kasir selalu menabung uang gaji yang diterimanya dari Yayasan Ta’miriyah dan digunakan sebagai usaha (kalau mau tau usahanya langsung ja berguru pada beliau). Tement-tement tau gak apa hasilnya, selain bisa berangkat haji tiga kali, beliau juga sudah membuatkan rumah buat ke-empat anaknya. Inayah bener-bener gak menyangka dan kaget tement-tement kalau hanya dengan gaji guru agama pak Kasir bisa buatin rumah buat ke-empat anaknya. Semua itu berkat Motto hidup beliau tement-tement. Makanya smua tement-tement Inayah contoh donk Motto beliau.

Pesan & Kesan Pak Kasir
Sebelum Inayah mengakhiri interview dengan beliau. Beliau nitip supaya kesan beliau ini disampaikan kepada tement-tement. Kata beliau, sangat susah menjadikan murid yang pandai karena murid-murid tidak mau patuh. Tuch .... dengerin tement-tement, jangan terbiasa melawan guru.
Truzzz beliau juga nitip ke Inayah supaya tement-tement mau memperhatikan pesan beliau. Kata beliau, Anak Ta’miriyah supaya nurut pada semua aturan Allah, orang tua dan guru. Supaya selamat dunia dan akhirat.

Kru:
Luluk Fatchiyah 8A
Ratih Shinta Sari 8A
Tri Yuliantika 8A

0 komentar:

Posting Komentar

ARSIP BLOG

REPORTER INAYAH

Liputan :

Linda Lupita K 8B

Anisatul Lu’aili 8B

Helia Batohir 8A

Profil :

Luluk Fatchiyah

Tri Yuliantika

Ratih Sinta


Suroboyoan :

Ananda Putri – 8A

Tiara Maharani – 8A

Three in One :

Shasti 9G

Nadhatul Fitriyah 7F

Farah Safira 7F

Sastra Budaya :

Ammar Zarand Muhammad 8A

Zahra Hasan 9B

Rahma Cyntia 7F

Budiyo 7E

Islam Kontemporer :

Ainul Inayatullah 8A

Shella Es Shabarina 8A

Opini :

Nur Afifah 7C

Bella Eka 7B

Gaya Pesona :

Annisatul Maula 8E

Laily Abidatillah 8C

IPTEK :

Muhammad Nabil

Ruly Ardyansyah

Psiko Problem :

Rr. Karinka 8F

Nur Aini Putri 8F

Motivasi Belajar :

Alya Sabila 8E

Devi Hidayati 8C

Dari Aku Untuk Kamu :

Madya Rachmayani 9D

Atika Prawita Putri 9D

EDITORIAL INAYAH EDISI 8 2010

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Banyak kejadian akan peristiwa yang telah kita lewati. Beberapa prestasi telah pula kita ukir. Semua itu akan menambah kedewasaan dalam berpikir. Pada edisi ini Inayah tampil dengan tema..... Mengasah Life Skill Yuk.......

Nah, apa sich life skill itu? Bisa kalian baca pada artikel di rubrik Islam Kontemporer. Selanjutnya rubrik opini menampilkan curahan pendapat tentang life skill dari teman-teman pembaca setia Inayah.

Rubrik-rubrik andalan pada edisi ini antara lain,

a. Profil menampilkan sosok yang selama ini begitu fenomenal dan pasti semua pembaca kenal yaitu Bp. H. Katsir Usman. Ada apa dengan beliau ................. .

Ikuti penuturannya pada reporter profil kali ini.

b. Selain profil yang menampilkan Bapak/Ibu Guru, terbitan ini juga menampilkan pembaca setia Inayah, Siapa? Namanya Audi. Siapa dan bagaimana dia ........ Ikuti ceritanya.

c. Ada kegiatan penting yang dilaksanakan oleh segenap keluarga besar SMP Ta’miriyah ke sekolah dan pondok terkenal dan dilanjutkan ke Bromo. Mau tau liputannya? Ikuti di rubrik Liputan.

d. Banyak lagi rubrik-rubrik menarik yang dapat disimak di edisi ini.

Okey, kretifitas berupa gambar, foto, artikel, humor, atau apa saja dapat kalian kirimkan ke Redaksi Majalah Inayah.

Selamat Belajar dan Sukses.


Inayah dapat diakses melalui internet dengan blog :

http://www.majalahinayah.blogspot.com

LIVE TRAFFIC FEED

BERLANGGANAN

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

BLOG SPETA

BACA TULISAN TERKAIT

Copyright 2009 | magazineform Theme by templatemodif | supported by grafisae